Rabu, 28 November 2012

Sejarah Penemu Photo Shop





Anda yang sedang belajar software editing foto seperti photoshop mungkin belum tahu siapa penemu perlangkat lunak tersebut dan bagaimana asal mulanya. Tak dipungkiri, Adobe Photoshop kini sebagai pemimpin pasar untuk software pengolah foto.

Photoshop yang tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS merupakan produk terbaik yang diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan versi yang terakhir (ketigabelas) adalah Adobe Photoshop CS6.

Lantas, siapakah "si pintar" di balik software ini? Adalah Thomas Knoll, mahasiswa PhD di Universitas Michigan yang menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya di tahun 1987. Ia menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Program yang dinamakan

Display itu mencuri perhatian John Knoll, saudaranya dari Industrial Light & Magic.Thomas pun direkomendasikan oleh John agar mengubah programnya menjadi penyunting gambar penuh.

Keputusan yang diambilnya pun berujung pada masa istrirahat dari studi selama enam bulan pada tahun 1988. Mereka berkolaborasi pada program tersebut dan dinamakan ImagePro.

Di tahun berikutnya, nama Photoshop pun diambil Thomas sebagai pengganti ImagePro. Dalam jangka pendek, Photoshop bekerja dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner.

Usai produknya dikenalkan kepada insinyur Apple Computer Inc, lisensi pun dibeli Adobe untuk mendistribusikan pada bulan September 1988. Thomas terus menulis kode program hingga diluncurkanlah Photoshop 1.0 pada 1990 khusus untuk Macintohs.

Hingga saat ini Photoshop terus berkembang dengan format file yang khas, beragam tool menarik yang lebih memudahkan pengguna.


0 komentar:

Posting Komentar